Jumat, 23 Desember 2011

Kampusku, Ceritaku #1



Part I
Talking about my campus means many things to me. It will tell about its history, about my life today and few years ago in Banda Aceh. There where I learned about English deeper, I found how to socialize with the teenagers of Banda Aceh except the students of Islamic Boarding School (next I’ll call it IBS), I understood more about the life of urban students and also the love (I have to be careful for telling this part). :D
Guys, lanjut dengan bahasa nasional aja lah ya?? Hehe. Buat yg dari tadi bertanya-tanya kampus gw, nih gw jelasin deh. Gw kuliah di Universitas Syiah Kuala (USK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Karena factor itu lah, makanya di paragraph pertama gw pake English. Meskipun kemampuan gw masih tak seberapa mana, tapinya gw gak malu buat mengaku bahwa tulisan ini total hasil karya gw (*being proud). :D
Ternyata, sejak tahun 2007 gw kuliah sampai dengan sekarang (*Desember 2011) baru beberapa hari yg lalu gw tahu sejarah kampus gw versi situs resmi. (kira-kira dari sumber lain ada gak ya?? Hehehe). Nah, kalo ngomongin soal USK gak bakalan lepas dari KOPELMA (Kota Pelajar dan Mahasiswa. Gw baru tahu loh kepanjangannya setelah gw buka situs kampus #memalukan) Darussalam yg pembangunannya dimulai pada 17 Agustus 1958 dan pada 2 September 1959, Presiden Soekarno membuka selubung Tugu Darussalam sekaligus meresmikan Fakultas Ekonomi sebagai fakultas pertama di USK. Makanya, gedung USK yg pertama kita lihat setelah memasuki gerbang Kopelma (popular juga dengan simpang gallon) adalah gedung FEUSK. :D
Oke, cukup dulu deh untuk pengenalan USK. Sekarang gw kepengen ngenalin fakultas gw, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dengan berjibun prodi dan jurusan di dalamnya. Eh, tapi mungkin pada bingung dengan perbedaan prodi dan jurusan ya? Nanti bakalan gw jelasin deh. sekarang gw pengen ngasih tau dulu, kalo FKIP USK tuh berdiri tanggal 20 Juni 1961 (wew, berarti cuma beda dua hari dengan hari lahir gw #ups) dengan empat jurusan pertama yaitu Jurusan Ilmu pendidikan, Jurusan Ekonomi, Jurusan Ilmu hayat, dan jurusan ilmu pasti. Tapi di tahun 1964, Presiden RI pada saat itu memutuskan untuk merubah  FKIP USK menjadi lembaga pendidikan guru yg mandiri. Sehingga berubah menjadi IKIP Bandung cabang Banda Aceh  dan tiga tahun kemudian yaitu di tahun 1967 kembali terjadi perubahan (maklumlah, masih labil. Jadi sering berubah). IKIP Bandung cabang Banda Aceh pun berubah  lagi jadi Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan di USK. Dua fakultas yg barusan gw sebutin itu tetap eksis sampai tahun 1984 sampai akhirnya dijadikan satu atau istilah orang sekarang di-merger dan jadilah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan hingga saat ini.
Berarti umur FKIP USK di tahun ini sudah setengah abad.
Nah, dari sekian banyak jurusan yg ada di FKIP USK. Gw terdaftar sebagai mahasiswa di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Ternyata, dulunya Pendidikan Bhs. Inggris tuh cuma prodi di bawah Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Makanya senior dan alumni sering bilang ketua jurusan saat ini sama aja kaya ketua prodi. Padahal kan hal-hal kaya begini tuh dijelasin di OSPEK. Kenapa gw bisa gak tahu soal itu? Sebabnya gak lain dan gak bukan karena gw gak ikut OSPEK baik di fakultas ataupun di jurusan. #upss
Ketahuan deh kalo gw gak ikut OSPEK. Di postingan berikutnya gw ceritain lagi deh kenapa gw gak ikutan OSPEK dan tentang himpunan mahasiswa di Jurusan gw.

Selasa, 06 Desember 2011

9 dan 10 Muharram


Semalam dan kemarin malam banyak banget sms yg masuk ke hape gw yg tak seberapa mana itu. Isi sms-nya serupa dan senada tentang ajakan untuk berpuasa di tanggal 9 dan 10 Muharram. Kasian banget deh tuh hape dikeroyok sms sampe segitu banyaknya. Padahal hape entuh kan hape yg gak touch screen, gak QWERTY dan masih menggunakan teknologi lumayan djadoel. Tapi biarpun begitu, entuh hape keren banget. Secara waktu di jamannya dia baru2 keluar, gak ada hape selengkap itu (ada mp3, video player, radio, kamera, memori eksternal, dan internet) dengan baterai yg sanggup bertahan sampai dua minggu dan sekarang masih bisa begitu. (clapping hands) salut buat yg beli ni hape n rela ngelungsurin ke gw (towel Khoent). Loh, kenapa jadi bahas hape yg gw pake sih??
Back to the subject.
Tanggal 9 dan 10 Muharram yg pada tahun ini (menurut pemerintah NKRI) bertepatan dengan tanggal 5-6 Desember 2011 membuat sangat banyak umat muslim se-Indonesia saling mengingatkan muslim yg lain untuk melaksanakan puasa sunnah meskipun gak semua yg mengirimkan sms tersebut melaksanakannya. Mungkin pada berpedoman dengan مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ Man dalla ‘ala khoirin fa lahu mitslu ajri fa’ilihi”(Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seberti pelakunya)
Thanks banget buat yg udah capek-capek dan ngerelain bonus sms-nya buat dikirimin ke gw. Secara, gara-gara sms-sms kalian semua ke berjuta-juta nomer di seluruh Indonesia bikin provider mengalami lonjakan traffic data yg tinggi dan bahkan bikin jaringan yg udah lemot menjadi super duper lemot bener #huftt. Dan jadinya malam itu PDKT gw via sms pun terhalang gara-gara selaaaaaaaaaaaaaaaaalu  pending. Eh, koq jadi curcol sih... Fokus, wan. Fokus, fokus, minum teh manis makannya bolu kukus.
Ternyata menurut beberapa situs yg pernah gw baca dan buku-buku pelajaran yg (pernah) gw bongkar. Puasa sunnah 9 dan 10 Muharram itu sejarahnya berkaitan dengan Nabi Musa AS yg menyelamatkan kaumnya dari kejaran Fir’aun pada tanggal tersebut. Nabi Muhammad SAW pun berpuasa hari itu karena menghormati dan mensyukuri kejadian tersebut kemudian menganjurkannya kepada yg lain. Ada juga sejarah yg menyatakan bahwa di tiap tanggal 10 Muharram, semasa hidup Rasulullah selalu memberikan perhatian lebih kepada anak-anak yatim sehingga ada yg menjadikan 10 Muharram sebagai Lebaran Anak Yatim dan banyak santunan yg diberikan pada tanggal tersebut.
Nah, kalo ngomong soal tanggal 10 Muharram gw juga jadi inget sama Tarikh Hadharah Islamiyah (Sejarah Kebudayaan Islam) yg dulu pernah gw  pelajarin tentang kejadian di Karbela ratusan sekitar 1400 tahun yg lalu. Kejadian yg menewaskan Husein bin Ali bin Abi Thalib, cucu Rasulullah Muhammad SAW dan mengakibatkan kemarahan besar pada para pengikutnya dan kemudian menamakan diri mereka Syi’ah. Nah, di tiap tanggal 10 Muharram para kaum Syi’ah selalu memperingati kejadian di Karbela tersebut. Ada yg memperingatinya dengan syukuran, kenduri, dan ekstremnya ada yg melukai diri mereka sendiri hingga berdarah-darah bahkan sampai pingsan. Innalillah... sesuatu yg.. (speechless ceritanya).
Wallahu a’lam bish-showab
Kalo mau baca-baca referensi gw, silahkan cek tautan-tautan berikut:

Senin, 05 Desember 2011

Kamu


Ketika rindu, akan kupandangi fotomu. Karena aku tahu dirimu berjarak denganku. Ketika luang, kusapa dirimu dengan pesan singkat ataupun telpon. Karena aku berusaha untuk mengingat jadwal kegiatanmu.
Di hati dan pikiranku sejak dahulu, kamu tak pernah pindah. Ketika kucoba menggantikannya, ternyata mereka tak bisa mengalahkanmu dalam hati dan pikiranku. Kamu memang menarik bagiku. Tak hanya menarik tapi sangat menarik.
Aku berusaha mencari kabar tentangmu kapan dan bagaimanapun itu. Aku merasa sedikit bersedih ketika kutahu kamu menjalin kasih dengan seseorang. Kucoba hapus kesedihanku dengan kesibukan sehingga aku pun juga menjalin kasih dengan orang lain. Tapi ketika bersama mereka, kamu tetap saja di hati dan pikiranku. Aku memperhatikanmu dari sini dan kuakui itu.
Kalau orang-orang bertanya kepadaku, apakah kita pernah memiliki hubungan khusus. Maka aku akan menjawab tidak, meskipun kuharapkan begitu. Jarak dan kondisi yg memisahkan kita berdua memang kuanggap sebagai hambatan besar. Apalagi aku mengingat bahwa kamu sendiri pernah mengatakan bahwa hubungan jarak jauh melelahkan berdasarkan pengalamanmu. Begitupun pengalamanku, sehingga aku merasakan kelelahan tak hanya fisik tapi juga pikiran.
Ingin aku berjanji, tapi aku selalu mengurungkannya. Aku terlalu sering gagal dalam berjanji dan mengecewakan orang lain. Maka itu aku tak ingin kamu pun kecewa karena janjiku. Karena kamu sangat berarti bagiku.

Kamu, cukup kamu dan hanya kamu. Bila tiada kamu, doakanlah agar aku mendapatkan penggantimu.

Minggu, 27 November 2011

Kenapa kuliah di Aceh??

Banyak banget yang nanya kenapa koq gw yang orang Jakarta Asli malah kuliah di Aceh. "Emang gak ada lagi tempat kuliah apa di Jakarta??". Hehehe, mereka banyak yang blom tau alasan gw. Skarang coba baca deh catatan gw yang satu ini....

Awal mula gw bisa ke Aceh karena Pengabdian Wajib dari Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Ketika yudisium dan pembagian tugas pengabdian, ternyata gw kebagian di Aceh. Tepatnya di Pesantren Modern Al-Manar, Cot Irie Aceh Besar (yang sampai sekarang gw masih tinggal disitu). Setelah tahun pengabdian wajib terlewatkan dan gw ngambil Ijazah di PMDG. Barulah tertanam tekad untuk balik lagi ke Aceh.

Kok bisa?, ya bisa lah frens.....
Karena waktu itu gw liat keadaan di Jakarta kurang kondusif buat belajar menurut gw. So, gw mantapin niat untuk balik ke Aceh. Karena waktu gw balik kegiatan perkuliahan sudah dimulai dan gw blom daftar sebelumnya, maka otomatis gw gak bisa langsung kuliah dan harus nunggu sampe pendaftaran dibuka.

Akhirnya, waktu pembukaan pendaftaran SPMB & IAIN Arraniry. Gw daftar di keduanya, ikutin semua tesnya dan alhamdulillah gw diterima di keduanya. Sayang, aktifitas gw di ma'had gak memungkinkan untuk gw kuliah di dua tempat.

Jadi, dengan terpaksa gw harus kalahin kuliah gw di TEN IAIN & nerusin di FKIP Bhs Inggris Univ. Syiah Kuala sampai sekarang...

History of Zinnco name

Zinn-co tuh skarang dah jadi nickname gw yang mungkin paling banyak orang tahu. Aslinya sih bukan "ZINN.CO" tapi "JINKO" singkatan dari Jin Ko#### Knapa koq bisa gitu??? Dulu, ktika di klas 5 KMI ane pernah bawa ko#### dengan dalih untuk acara apa gitu... Slesai acara, tuh k##### gak ane kirim balik ke rumah... Sampe di suatu maghrib, Dobler Qismul Amn ngedapetin tuh barang d lemari ane yang lupa terkunci. Dipanggil deh, diinterogasi kiri-kanan dan akhirnya disuruh balik ke kamar untuk nunggu keputusan hukuman. Sampailah di Jum'at yg bersejarah. Ba'da Jum'atan, sperti biasa sbagai kelas 5 kami punya acara evaluasi disiplin mingguan. Disitulah nama ane dipanggil kedepan sluruh santri klas 5-1425 H. Setelah dijelasin sama Qismul Amni bahwa ane bawa "al-alah al-iliktrunikiyyah" (*alat elektronik yg dlarang buat dbawa), ane angkat deh tuh KOMPOR.

Pada awalnya sebelum diangkat, semua siswa kelas 5-1425 pada ngirain itu laptop. Karena bentuknya persegi dan ada di dalam kotak yang bisa dijinjing kemana-mana. Mungkin dalam hati mereka ngirain ane tajir amat sih sampe2 bawa laptop segala.

Lucunya, ktika diangkat ehhh.... Tabung gas kecilnya (*yg memang kosong) jatuh ke lantai masjid sampe bunyi "klontang...." Ampir smua klas 5 yang ada mo ktawa tapi ditahan2 sampe nunduk2.. Trus mulai deh nongol laqob gitu ktika ane dah jadi staf Koordinator Gerakan Pramuka 525. Yang ngawalin manggil ane bgini tuh As'ad Purwo/Ngawi/Ankuperpus 626 n Phutut W/Dolopo/Ankuperpus 626 juga. Akhirnya, tersebarlah sampe ke seluruh plosok Darussalam dari ujung Komsol sampe Indonesia.

Sabtu, 12 November 2011

Doa Malam

Untukmu yg sedang mengisi hatiku.
Kuharapkan hanyalah senyummu, walaupun aku tak bisa menampik kemurunganmu.
Kudambakan canda tawamu, meskipun aku tak bisa selalu hadirkan itu.
Kuimpikan kehadiranmu di sampingku, tapi aku tahu kita memang memiliki jarak yg tidak dekat.
Hanyalah sedikit doa yg bisa kuucap, agar malam ini kamu bisa tidur dengan lelap dan di pagi hari, dirimu pun telah siap untuk menghadapi dunia yg tak mudah senyap.
:)

Rabu, 09 November 2011

Idul Adha 1432 H


Idul Adha 1432 H, tahun berbeda, tempat sama, kondisi sama. Itu sih yg gw alamin. Karena di Idul Adha tahun lalu gw juga ngerasain hal yg sama kaya sekarang. Stay in the same complex, have the same job and the same neighbourhood. Paling-paling yg ngebedain cuma sekarang gw single, tahun kemarin punya cewek. (gak penting)
Eh, tapinya bukan masalah pribadi yg mau gw obrolin disini. Kamu pasti masih ingat kan kalo tahun ini umat muslim Negara kita memulai puasa Ramadhan di hari yg berbeda-beda dan merayakan hari raya Idul Fitri 1432 H juga berbeda-beda. Alasan yg paling sering digaungkan saat itu adalah perbedaan metode dalam mengambil keputusan. Wallahu a’lam bila ada unsur politis dalam setiap keputusan yg diambil oleh para ketua golongan tersebut.
Aku kira, mungkin cuma di Idul Fitri aja lah bakalan ada kericuhan kaya gitu. Secara kan Idul Fitri tuh hari raya yg paling ditunggu oleh mayoritas umat muslim Indonesia selama satu tahun. Ternyata fakta berkata lain, pada saat Idul Adha di negeriku Indonesia ini. Kembali lagi terjadi perbedaan dalam perayaan Idul Adha 1432 H seperti halnya perbedaan perayaan Idul Fitri 1432 H.
Alasan yg dipakai pun lagi-lagi perbedaan metode penetapan tanggal. Ada yg menggunakan system ru’yatul hilal (melihat anak bulan), hisab dengan metode bilangan takwim khamsiah, dan metode – metode lainnya yg kebanyakan mereka dapatkan dari ulama-ulama mereka yg sudah sepuh dan merupakan ilmu turun-temurun di kelompok mereka tersebut.
Memang betul, perbedaan adalah sebuah rahmat. Tapi perbedaan apa dulu nih? Kalender kok beda-beda? Penanggalan kok lain-lain? Masa ummat Islam seluruh dunia kalah sih sama penanggalan masehi yg nggak ada perubahan sama sekali? Hayo dong, Umat Islam sedunia… Gimana mau maju kalo masalah penanggalan aja ribut? Kalo untuk hari raya Idul Adha kan udah jelas… Secara adanya Idul Adha sendiri kan untuk mengingatkan umat Islam sedunia akan ketabahan Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail yg tulus ikhlas dalam mematuhi perintah Allah SWT yg disampaikan kepada Nabi Ibrahim melalui mimpi-mimpinya. Kemudian menjadi salah satu rukun dalam ibadah haji yg tidak mungkin dilewatkan.
Lagian Idul Adha kok beda-beda? Ibadah haji kan cuma di Arab Saudi, meliputi kota Mekkah, Arafah, Mina dan Muzdalifah. Otomatis, ketentuan dari sana lah yg memutuskan kapankah harusnya hari raya Idul Adha dilaksanakan. Bagaimanapun, yang telah terjadi biarlah terjadi. Semoga ke depannya umat muslim se-dunia bisa lebih baik lagi.
Wallahu a’lam bish-showab.

Link berita tentang hari raya Idul Adha yg berbeda-beda. Kalau menurut pemerintah, Idul Adha dirayakan pada tanggal 6 November 2011. Yang lain, ada yg merayakan sebelumnya dan juga sesudahnya. Check it out:

Kamis, 03 November 2011

Siti Nurhaliza - Remember You (feat. Sean Kingston)

Siti Nurhaliza
If we never make it back to what we used to be
I hope you know I tried to give you all of me
I don’t want to wake up tomorrow if our memories filled with sorrow
I’d rather smile when I remember you
if you find someone that can love you right
I won’t stand in your way, I won’t even fight, no
I won’t forget, I’ll always remember you
Sean Kingston
Baby girl you are my darling, feeling you the hardest
now my baby I’ve been missing you the longest
found a new one to give your heart to
the way I acted I don’t blame you
But you always on my mind, think about you all the time
and I’m wishing you were mine, reminiscing all the time
when I had your love, when I had your love
you forever be in my heart, you’ll always have my heart
you’re everything I wanted, exactly what I needed
I see your heart has now moved on
got me sitting here I’m singing sad songs
I’m a love you forever, baby I forget you never
January to December always remember you
Siti Nurhaliza
If you find someone that can love you right
I won’t stand in your way, I won’t even fight, no
I won’t forget, I’ll always remember you
like the sun will rise as the seasons change
I will walk through life tile the very end, no
I won’t regret, I’ll always remember you
remember you, remember you, I won’t forget I’ll always remember you
I don’t want to wake up tomorrow if our memories filled with sorrow
I’d rather smile when I remember you you
if you find someone that can love you right
I won’t stand in your way, I won’t even fight, no
I won’t forget I’ll always remember you
like the sun will rise as the seasons change
I will walk through life tile the very end, no
I won’t regret, I’ll always remember you
if you find someone that can love you right
I won’t stand in your way, I won’t even fight, no
I won’t regret, I’ll always remember you


http://liriklagucinta.com/s/siti-nurhaliza/remember-you-feat-sean-kingston-mp3.html

Kamu lah aktor mimpiku

Aku sering bermimpi yg selalu ada kamu di dalam mimpiku.
"Kenapa kamu?", sempat aku bertanya begitu dalam hatiku. Kucoba untuk kilas balik, ternyata memang cuma kamu wanita yg paling lama berada di hatiku setelah ibuku. Karena aku mengenalmu memang sejak saat kita masih sangat muda.
Dalam sebuah mimpiku, kulihat kamu sedang menghadiri akad dari seorang kawan di sebuah masjid. Aku juga hadir disitu dan kudekati dirimu setelah akad itu seraya menggenggam tanganmu erat seakan tak rela melihat kamu untuk pergi. Kamu terlihat berbeda di mimpiku itu. Lebih dari biasanya tapi sangat alami. Aku suka. Bahkan aku suka sekali.
Kamu tersenyum tersipu dan kita pun saling bercengkerama. Setelahnya, kita pun bersama-sama menuruni tangga masjid itu sambil berjalan beriringan. Senyum sumringah kita pun terkembang bersamaan.
Ketika aku bangun dari tidurku, aku pun tersadar bahwa itu hanyalah mimpi. Mimpi indah yg masih terkenang hingga kini. Semoga saja itu deja vu, sehingga kita nanti bisa melakukan seperti di mimpi itu.

Rabu, 02 November 2011

Sedikit untuk dibagi

Kalau saja tidur bisa menyelesaikan masalah, pasti aku akan memilih untuk tidur lebih panjang dan panjang lagi. Tapi ternyata, seberapa lama pun tidurku, masalahku tak kunjung usai.
Mungkin bisa sedikit terlupakan, tapi tetap saja masalahku itu akan datang dan datang lagi bila belum terselesaikan. Bahkan, seringkali masalah itu datang ketika aku siap ataupun tidak siap, ketika aku senang ataupun susah, dalam segala kondisi, masalah sering sekali datang dan datang lagi.
Fiuhh, pernah aku berdoa di malam hari sebelum kupejamkan mata.
"Ya Allah, bila esok hari aku tidak menjadi lebih baik maka aku memohon agar usiaku cukup sampai malam ini saja."
Tapi ternyata, Allah SWT masih memberiku izin untuk membuka mata di esok hari. Inilah yg terbaik menurut Allah SWT. Aku harus hadapi masalahku sampai kapanpun nanti.
Mungkin, aku hanya akan meninggalkan dunia ini ketika telah selesai masalahku dan perbuatan baikku lebih banyak dari perbuatan burukku. Amin.