Jumat, 23 Desember 2011

Kampusku, Ceritaku #1



Part I
Talking about my campus means many things to me. It will tell about its history, about my life today and few years ago in Banda Aceh. There where I learned about English deeper, I found how to socialize with the teenagers of Banda Aceh except the students of Islamic Boarding School (next I’ll call it IBS), I understood more about the life of urban students and also the love (I have to be careful for telling this part). :D
Guys, lanjut dengan bahasa nasional aja lah ya?? Hehe. Buat yg dari tadi bertanya-tanya kampus gw, nih gw jelasin deh. Gw kuliah di Universitas Syiah Kuala (USK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Karena factor itu lah, makanya di paragraph pertama gw pake English. Meskipun kemampuan gw masih tak seberapa mana, tapinya gw gak malu buat mengaku bahwa tulisan ini total hasil karya gw (*being proud). :D
Ternyata, sejak tahun 2007 gw kuliah sampai dengan sekarang (*Desember 2011) baru beberapa hari yg lalu gw tahu sejarah kampus gw versi situs resmi. (kira-kira dari sumber lain ada gak ya?? Hehehe). Nah, kalo ngomongin soal USK gak bakalan lepas dari KOPELMA (Kota Pelajar dan Mahasiswa. Gw baru tahu loh kepanjangannya setelah gw buka situs kampus #memalukan) Darussalam yg pembangunannya dimulai pada 17 Agustus 1958 dan pada 2 September 1959, Presiden Soekarno membuka selubung Tugu Darussalam sekaligus meresmikan Fakultas Ekonomi sebagai fakultas pertama di USK. Makanya, gedung USK yg pertama kita lihat setelah memasuki gerbang Kopelma (popular juga dengan simpang gallon) adalah gedung FEUSK. :D
Oke, cukup dulu deh untuk pengenalan USK. Sekarang gw kepengen ngenalin fakultas gw, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dengan berjibun prodi dan jurusan di dalamnya. Eh, tapi mungkin pada bingung dengan perbedaan prodi dan jurusan ya? Nanti bakalan gw jelasin deh. sekarang gw pengen ngasih tau dulu, kalo FKIP USK tuh berdiri tanggal 20 Juni 1961 (wew, berarti cuma beda dua hari dengan hari lahir gw #ups) dengan empat jurusan pertama yaitu Jurusan Ilmu pendidikan, Jurusan Ekonomi, Jurusan Ilmu hayat, dan jurusan ilmu pasti. Tapi di tahun 1964, Presiden RI pada saat itu memutuskan untuk merubah  FKIP USK menjadi lembaga pendidikan guru yg mandiri. Sehingga berubah menjadi IKIP Bandung cabang Banda Aceh  dan tiga tahun kemudian yaitu di tahun 1967 kembali terjadi perubahan (maklumlah, masih labil. Jadi sering berubah). IKIP Bandung cabang Banda Aceh pun berubah  lagi jadi Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan di USK. Dua fakultas yg barusan gw sebutin itu tetap eksis sampai tahun 1984 sampai akhirnya dijadikan satu atau istilah orang sekarang di-merger dan jadilah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan hingga saat ini.
Berarti umur FKIP USK di tahun ini sudah setengah abad.
Nah, dari sekian banyak jurusan yg ada di FKIP USK. Gw terdaftar sebagai mahasiswa di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Ternyata, dulunya Pendidikan Bhs. Inggris tuh cuma prodi di bawah Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Makanya senior dan alumni sering bilang ketua jurusan saat ini sama aja kaya ketua prodi. Padahal kan hal-hal kaya begini tuh dijelasin di OSPEK. Kenapa gw bisa gak tahu soal itu? Sebabnya gak lain dan gak bukan karena gw gak ikut OSPEK baik di fakultas ataupun di jurusan. #upss
Ketahuan deh kalo gw gak ikut OSPEK. Di postingan berikutnya gw ceritain lagi deh kenapa gw gak ikutan OSPEK dan tentang himpunan mahasiswa di Jurusan gw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar